3/3 : Bye Bye Kulit Berjerawat


Jerawat memang mengganggu penampilan secara keseluruhan. Banyak orang yang melakukan berbagai perawatan untuk mengatasi jerawatnya, tapi apakah yakin perawatan yang Bujang Dare lakukan selama ini sudah benar? Masih banyak yang salah dalam merawat kulit. Harapan memiliki wajah halus pupus karena timbulnya jerawat yang semakin banyak. Dikutip dari becomegorgeous, berikut ini tiga kesalahan yang paling umum dilakukan saat merawat kulit berjerawat dan wajib kita hindari.

a. Memencet Jerawat
Saat jerawat meradang, memencetnya dengan alat apapun sangat tidak dianjurkan. Selain membuat jerawat infeksi, juga bisa meninggalkan noda dan jaringan parut setelah sembuh nanti. Memencet jerawat, apalagi menggunakan tangan yang tidak higienis justru membuat bakteri lebih cepat menyebar dan jerawat pun bertambah banyak. Atasi jerawat meradang dengan baluran es batu, lalu oleskan spot gel atau gel penghilang jerawat secara teratur. Bila jerawat sudah sangat parah, sebaiknya minta bantuan dokter kulit.

b. Terlalu Sering Mencuci Muka
Banyak produk permbersih khusus kulit berjerawat yang menjanjikan bisa membantu menghilangkan jerawat. Hal ini menyebabkan para konsumen membersihkan wajah mereka lebih sering, dengan harapan jerawatnya bisa cepat hilang. Tindakan ini jelas salah. Jerawat sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh debu dan kotoran. Melainkan hormon atau penggunaan produk yang tidak tepat. Jadi, mencuci muka terlalu sering tidak banyak membantu pembersihan jerawat. Sebaliknya, membersihkan wajah secara berlebihan hanya akan membuat jerawat makin parah. Bersihkan wajah dengan facial foam berformula lembut, maksimal tiga kali sehari. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

c. Menggunakan Berbagai Produk Perawatan
Biasanya demi menyembuhkan jerawat dengan cepat, kita cenderung mencoba berbagai macam produk. Saat produk yang sudah dibeli tak kunjung menunjukkan hasil, kita pun akan beralih ke produk lain dan seterusnya, dan seterusnya. Perlu diingat, menghilangkan jerawat sampai tuntas perlu kesabaran dan ketelatenan. Jerawat tidak hilang hanya dalam satu atau dua bulan. Sering berganti-ganti produk karena tidak puas dengan produk sebelumnya, bisa berbahaya bagi kulit. Kulit perlu waktu beradaptasi dengan bahan-bahan dari produk yang digunakan. Mengganti produk terlalu sering, akan membuat kulit kesulitan beradaptasi dengan formula produk yang baru sehingga jerawat justru bertambah parah. Untuk mendapatkan produk yang tepat, kenali dengan benar jenis kulit, kemungkinan alergi dan reaksi terhadap bahan tertentu. Akan lebih baik bila Bujang Dare berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit

Jadi bagaimana caranya supaya jerawat malas 'nongkrong' di wajah Bujang Dare. Ini dia beberapa tips yang bisa Bujang Dare coba.

a. Bersihkan wajah dua kali
Pemilik wajah yang berjerawat tak boleh malas membersihkan wajah. Minimal wajah harus dibersihkan dua kali sehari. Sehari-hari, kulit akan mengeluarkan minyak alaminya. Minyak yang bercampur debu akan menyumbat pori-pori jika tidak dibersihkan yang akhirnya menimbulkan jerawat. Ketika berjerawat, membersihkan kulit adalah perawatan yang paling dasar untuk membantu menghilangkan kotoran, minyak, keringat, dan sisa-sisa riasan wajah. Bisa juga membersihkan kulit dengan susu pembersih atau facial foam yang sesuai dengan jenis kulit. Namun, sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung benzoil peroksida.

b. Mengusapkan toner
Setelah menggunakan make-up seharusnya sesegera mungkin menghapusnya, khususnya saat akan tidur malam. Membiarkan riasan tetap menempel di kulit akan menyebabkan jerawat di wajah. Tak perlu waktu lama kok untuk membersihkannya. Bujang Dare hanya membutuhkan toner pembersih saja. Rendam bola kapas dengan toner pembersih, kemudian usapkan perlahan ke wajah sampai make-up bersih sempurna. Pilihlah toner yang bebas alkohol agar tidak membuat kulit kering dan gatal.

c. Gunakan lemon
Lemon adalah bahan alami yang bisa membantu menyingkirkan jerawat. Potong saja satu lemon dan gosok irisan buah ke wajah satu sampai dua kali seminggu. Lemon bisa membantu menyembuhkan jerawat, menghilangkan kulit mati, mengurangi bekas jerawat dari kulit. Setelah mengoleskan lemon ke wajah, oleskan pula pelembab agar wajah tidak kering.

Selamat mencoba, Bujang Dare.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.