3/3 : Cegah Anak Hobi Menonton TV

Menonton televisi jadi kegiatan yang paling mudah dilakukan untuk mencari hiburan atau mendapatkan informasi baru. Sehingga tak heran beberapa orangtua kerap mengizinkan anak mereka menonton televisi sesuka hati. Jika kebiasaan anak menonton acara di televisi ini tanpa kenal waktu dibiarkan bukan tidak mungkin ke depannya bisa berdampak buruk baginya. Banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif kecanduan televisi ini mulai dari obesitas, agresifitas, hingga anak sulit berkonsentrasi saat belajar. Lantas bagaimana caranya agar anak tak lagi hobi nonton televisi? Berikut ini tipsnya

a. Buat aturan
Buatlah aturan waktu untuk menikmati televisi, seperti tidak menyalakan televisi saat menikmati makan bersama. Tetap izinkan anak untuk menonton televisi. Tetapi sebagai orang tua, Bujang Dare berhak mengatur tayangan apa saja yang dapat ditontonnya dan kapan ia boleh melakukannya.

b. Hiburan lain selain televisi
Temukan hiburan alternatif yang dapat membuat rileks, seperti bermain monopoli, puzzle atau membaca buku bersama-sama.

c. Mengalihkan perhatian anak
Jika Bujang Dare memiliki anak usia remaja, ingatlah bahwa ia membutuhkan hiburan yang baik. Membelikannya sebuah buku yang sesuai dengan usianya lebih bermanfaat daripada mengizinkannya menikmati program televisi berlama-lama.

Dan ini dia 3 tips untuk bantu Bujang Dare menghindarkan anak dari kebiasaan menonton televisi tanpa kenal waktu:

a. TV dan baby sitter
Jangan jadikan televisi sebagai baby sitter. Anak yang ditinggal sendiri di depan televisi akan memberikan pengaruh yang tidak baik, karena bisa saja anak-anak menonton acara dewasa.

b. Menonton saat makan malam
Stop menonton televisi saat waktu makan malam tiba. Bersikaplah tegas dengan aturan ini karena nantinya Bujang Dare dan keluarga bisa menikmati makan malam bersama tanpa gangguan apapun. Selama makan malam, Bujang Dare pun bisa saling mengobrol dengan anak. Anak juga dapat lebih fokus pada makanannya dan tidak mengalihkan pandangannya ke televisi.

c. Kebiasaan dari orang tua yang sama
Ubalah kebiasaan menonton televisi. Anak-anak cenderung akan mengikuti kebiasaan yang dilakukan orang tuanya, seperti jika orang tuanya memiliki kebiasaan nonton sinetron maka seorang anak akan memiliki kebiasaan seperti itu.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.