3/3 : Mudah Merasa Lapar Setelah Makan


Orang yang mudah merasa lapar meski baru saja selesai makan, mungkin disebabkan karena gangguan kesehatan seperti diabetes. Tetapi mungkin saja disebabkan karena kesalahan-kesalahan yang Bujang Dare lakukan ketika makan. Rasa lapar tersebut dapat meningkatkan keinginan untuk kembali meraih makanan, membuat Bujang Dare makan berlebihan, dan menyebabkan obesitas. Perhatikan hal yang dapat menyebabkan rasa lapar berlebihan meski baru saja makan, seperti dikutip dari Readers Digest.

a. Minum soda atau minuman beralkohol sebelum makan
Minum minuman bersoda atau beralkohol sebelum makan dapat memproduksi asam pada perut, sehingga ketika makanan mulai masuk ke dalam perut, organ pencernaan telah siap mencerna makanan. Hal ini dapat mempercepat proses pencernaan dan membuat Bujang Dare cepat merasa lapar.

b. Makan makanan yang kurang berprotein
Protein dapat mempengaruhi perasaan kenyang pada perut dan otak. Sehingga seseorang perlu makan makanan yang mengandung protein agar tidak mudah lapar. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi makanan yang tingkat proteinnya 15 persen lebih rendah dari total kalori makanan yang dikonsumsinya, akan merasa mudah sekali lapar. Makanlah makanan yang kaya protein ketika sarapan, seperti telur rebus, sereal gandum, dan yoghurt agar Bujang Dare tidak mudah merasa lapar sepanjang hari. Hal ini dapat mencegah Bujang Dare makan camilan yang berlebihan karena terlalu lapar sebelum waktu makan selanjutnya tiba.

c. Makan makanan yang asin
Peneliti telah menemukan bahwa Bujang Dare mungkin merasa kenyang setelah makan makanan asin, tetapi kadar garam yang tinggi dapat mempengaruhi sensor lapar yang berhubungan dengan kepuasan dan keinginan untuk makan lagi.

Salah satu cara untuk mengurangi asupan lemak dan kalori adalah mengontrol porsi makan. Tapi kadang rasa lapar berlebihan dan selera makan yang besar membuat kita ingin terus makan. Tapi ada trik yang bisa membuat perut cepat kenyang, tapi lapar lebih lama. Bukan hanya jenis makanan, tapi juga cara Bujang Dare makan. Ini dia triknya, seperti dikutip dari Health.

a. Minum Air Putih Sebelum Makan
Minum 1-2 gelas air putih setiap sebelum makan. Air putih akan mengisi perut sehingga Bujang Dare lebih cepat kenyang saat makan. Selain itu, Bujang Dare bisa mengurangi hingga 60 kalori setiap jam makan.

b. Makan Sayuran Beraneka Berwarna
Kunyahlah sayuran berwarna oranye dan hijau; seperti wortel, brokoli, bayam dan selada. Sayuran ini mengandung sekitar 90 persen air dan kaya serat, yang membawa sinyal kenyang pada otak sehingga perut pun terasa penuh lebih cepat.

c. Ganti Nasi Putih dengan Kentang
Kentang mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Bujang Dare kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih dengan kentang rebus. Jika ingin rasa yang lebih enak, jadikan sebagai mashed potato dengan sedikit bumbu garam dan merica.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.