3/3 : CEGAH BUNGKUK

Source : Google.com
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa melakukan kebiasaan sehari-hari bisa berpengaruh pada pembentukan postur tubuh. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa memicu tubuh menjadi bungkuk, seperti yang diungkapkan dr Tina Mahendrakar ahli fisioterapi India.

a. Tidak cukup gizi
Tulang belakang dan tulang punggung membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan kuat dan tegak. Gizi rendah dan kurangnya vitamin serta kalsium dapat mempengaruhi kekuatan tulang dan otot. Sebab, tubuh tidak memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang memadai untuk menahan postur tubuh yang benar.

b. Cara berjalan
Cara berjalan dapat menjadi alasan postur tubuh yang buruk. Misalnya, selalu berjalan dengan kepala di bawah atau dengan bahu yang merosot, ini dapat menyebabkan postur tubuh menjadi terbiasa bungkuk.

c. Gaya hidup
Pakaian dan sepatu sangat mempengaruhi postur. Kebanyakan perempuan yang sering menggunakan high-heels lebih rentan bermasalah dengan postur tubuh. Selain high-heels, pemakaian sepatu bot, pakaian ketat, celana jeans dengan pinggang rendah, dan ikat pinggang lebar dapat menyebabkan postur tubuh menjadi buruk. Pada akhirnya, ini menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk atau tidak tegak lagi.

Banyak orang yang menderita sakit punggung dan leher, serta postur tubuh membungkuk karena salah posisi dalam melakukan berbagai aktivitas. Bagaimana posisi tubuh yang benar ketika nonton TV, tidur atau menyetir agar tubuh tidak bungkuk? Ini panduan untuk Bujang Dare:

a. Saat Tidur
Terlalu banyak bantal yang menopang kepala saat tidur, atau tidur di atas tempat yang terlalu empuk bisa membuat sakit punggung dan postur jadi bungkuk. Saat tidur, kepala harus tertopang dengan baik tapi tetap sejajar dengan tulang belakang. Untuk itu cukup gunakan satu bantal saja. Pilihlah bantal berkualitas (tidak terlalu lembut atau keras) dan sebaiknya ganti tiap satu tahun sekali. Posisi tidur ideal adalah celentang atau menyamping. Hindari tidur sambil tengkurap dan meringkuk.

b. Saat Nonton TV
Kebanyakan orang lebih suka duduk bersandar atau mengangkat kaki ketika nonton TV, apalagi jika duduk di atas sofa empuk dan nyaman. Kebiasaan ini tentu kurang baik karena punggung akan mengalami tekanan dan lama kelamaan membuatnya jadi bungkuk. Sebaiknya duduk di kursi makan atau kursi dari kayu sehingga posisi pinggul Bujang Dare lebih tinggi dari lutut. Posisi ini akan membuat punggung terbiasa untuk tegap.

c. Posisi Saat Bekerja
Duduk di belakang meja kerja sambil mengetik di komputer dengan punggung yang membungkuk ternyata menyebabkan lebih banyak masalah pada punggung ketimbang mengangkat atau membawa barang berat. Posisikan komputer tepat di depan Bujang Dare dan atur setelan kursi sejajar dengan komputer. Pertahankan posisi tubuh tegap ketika bekerja.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.