3/3: Makanan & Minuman "Anti GALAU" di Akhir Pekan

Akhir pekan yang seharusnya diisi hal-hal menyenangkan bersama pasangan, kadang malah bikin galau bagi yang masih melajang. Agar tidak mudah stres atau mengalami berbagai hal yang membuat perasaan Bujang Dare jadi tidak sejahtera, sesuaikan pilihan makanan sebelum terlambat. Pasti pada tidak yakin, kan jika makanan atau minuman yang mampu membuat penikmatnya jadi tidak gampang galau? : )

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang mengalami hal buruk di malam minggu (semoga saja Bujang Dare tidak termasuk di dalamnya ya : D) seperti bertengkar dengan pasangan atau justru karena tidak punya pasangan. Apapun peyebabnya, kegalauan ini bisa memicu stres dan sangat mengurangi produktivitas saat harus mulai bekerja pada awal pekan berikutnya. Jadi mari kita lihat beberapa hal yang dianjurkan untuk Bujang Dare lakukan dalam rangka mengusir galau! Sudah siap? Ini dia :

1. Penangkal Stres

Salah satu pemicu stres adalah kerusakan oksidatif di otak, sehingga penangkalnya tidak lain adalah makanan dengan kandungan antioksidan yang cukup. Buah-buahan segar adalah sumber antioksidan terbaik, selain juga mengandung serat dan karetoneid yang turut melindungi otak dari kerusakan.

Jika senang minum kopi atau teh, batasi agar tidak berlebihan karena kafein bisa menyebabkan gangguan tidur dan akan memperparah kerusakan oksidatif di otak saat stres. Akan lebih baik jika diganti dengan teh hijau, karena mengandung lebih banyak antioksidan dan flavanoid.

2. Penangkal Depresi

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan diyakini sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem saraf, sehingga lebih tangguh menghadapi stres dan kemungkinan mengalami depresi. Dua porsi makanan yang mengandung minyak ikan atau biji rami cukup efektif menangkal depresi.

Selain itu, risiko depresi juga banyak dikaitkan dengan kerusakan pada kelenjar adrenal. Makanan-makanan yang mengandung vitamin B3 seperti toge, kacang, daging dan juga telur ayam bisa memperbaiki fungsi kelenjar adrenal sehingga tidak mudah mengalami depresi.

3. Penangkal Hiperaktif

Hiperaktif dan susah memusatkan perhatian juga termasuk ciri-ciri orang sedang galau. Menurut sebuah penelitian di Mumbai India, gejala yang mirip seperti gangguan tumbuh kembang pada anak ini bisa diredakan dengan kandungan senyawa Gamma amino butyric acid dalam buah kenari dan pegagan.

Sebaiknya juga, Bujang Dare yang ingin mengusir rasa galau menghindari 3 hal di bawah ini :

1. Konsumsi gula dan karbohidrat berlebih

Gula dan karbohidrat sederhana merupakan jenis makanan yang harus dikurangi saat suasana hati sedang gelisah, sebab jenis makanan tersebut membuat otak susah konsentrasi.

2. Lebih banyak merokok

Perokok cenderung lebih banyak merokok di akhir pekan karena memiliki lebih banyak waktu luang dan tidak terbebani oleh pekerjaan. Orang yang jarang merokok sekalipun biasanya akan terpengaruh untuk merokok di akhir pekan karena ajakan dari teman-teman. 

3. Minum alkohol

Waktu akhir pekan Bujang Dare banyak dihabiskan di tempat-tempat hiburan seperti tempat karaoke, pub atau diskotik. Hal ini tentunya akan membuat orang lebih mungkin untuk minum minuman beralkohol yang jelas tidak baik untuk program diet Bujang Dare.

Have a nice day! Say no to "GALAU" ^_^ ~ @KericauPagi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.