3/3: Cegah Kantuk Setelah Makan Siang!

Ada yg kerap Bujang Dare rasakan selepas makan siang? Tanpa sadar, waktu terasa begitu lambat dan tiba-tiba mulai mengantuk. Gawatnya lagi, terkadang rasa kantuk ini kerap mengganggu aktivitas kerja di siang hari karena kita tak kuasa menahan lelah sehingga tak sadar telah meletakkan kepala di atas meja. Jangan sampai ketahuan atasan ya :) 





Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa energi tubuh Bujang Dare cenderung menurun selepas jam makan siang. Jadi ada baiknya untuk Bujang Dare hindari, diantaranya:

a. Kurangnya kualitas tidur


Sebagian dari kita seringkali membawa pekerjaan kantor ke rumah, baik itu dengan menelepon rekan kerja maupun bekerja dengan laptop. Atau, menonton televisi hingga larut malam. Hal-hal tersebut otomatis akan mengurangi jam tidur. Padahal tidur utama pada malam hari sangat bermanfaat untuk memulihkan syaraf dan mengembalikan energi tubuh. Kebiasaan tidur larut malam dan bangun cepat kemudian bergegas ke kantor membuat tubuh terasa cepat lelah di siang hari. Maka itu, usahakan menjaga kualitas tidur dengan tak membawa pekerjaan kantor ke rumah serta mematikan ponsel dan televisi pada malam hari.

b. Jarang olahraga

Memang, meski tak selalu berolahraga, tetapi tubuh wajib bergerak setiap harinya, terutama pada pagi hari. Ada baiknya meluangkan waktu untuk berolahraga ringan apakah itu sekadar berjalan, joging, lompat tali, atau berlari di treadmill. Berolahraga memicu hormon bahagia yg memberikan rasa semangat ke tubuh.

c. Makan makanan manis


Makan makanan manis menyebabkan otak kita membuat sejumlah besar serotonin dan neurotransmitter, yang membuat orang tertidur secara alami di malam hari. Makan makanan manis atau yang terbuat dari tepung, seperti produk roti atau pasta, menyebabkan gula darah meningkat lebih tinggi dari biasanya. Hal ini menyebabkan pankreas untuk melepaskan sejumlah besar insulin, yang mendorong salah satu blok bangunan protein yang disebut triptofan dari aliran darah ke otak kita, di mana waktunya akan diubah ke serotonin yang membuat kita merasa mengantuk.

***

Sekarang tinggal bagaimana Bujang Dare dapat mengatasinya! Kebiasaan mengantuk setelah makan siang adalah hal wajar yang dirasakan semua orang. Karena alasan tersebut masyarakat Spanyol membiasakan budaya siesta (tidur siang) setelah makan siang selama sekitar 15-20 menit. Tentu saja kebiasaan tersebut tidak bisa dilaksanakan di Indonesia kecuali jika Bujang Dare ingin dimarahi atasan. Lalu bagaimanakah cara-cara yang dianjurkan untuk mengatasi kebiasaan mengantuk setelah makan siang?

a. Minumlah air putih


Mungkin kopi bisa menjadi pilihan lebih baik dibanding air putih, namun nyatanya tidak jika Anda terus-terusan meminumnya dalam satu hari. Peningkatan dosis kafein malah akan berakibat sebaliknya dimana efeknya akan terus berkurang seiring dengan banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh. Air putih bisa menjadi pilihan terbaik yang membuat Anda jauh dari resiko dehidrasi dan juga bahaya mengantuk.

b. Makanlah cemilan sehat


Jangan makan cemilan yang mengandung karbohidrat, lemak ataupun gula. Makanlah cemilah setelah makan siang menjelang sore yang sehat seperti buah ataupun salad. Akan lebih efektif lagi jika memesan rujak. Rasa pedas dari cemilan satu ini pasti akan membuat Bujang Dare terjaga selalu.

c. Bergerak


Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor. Hal ini bisa mengurangi rasa lemas, mengantuk, juga membuat tubuh kembali bugar. Pilih gerakan yang ringan dan bisa dilakukan di tempat duduk.


Bagaimana? Semoga bisa membantu Bujang Dare ya biar gak cepat mengantuk habis makan siang! : )

@KericauPagi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.