3/3 : Duh, Ada Keriput!


Keriput adalah salah satu hal yang ingin dihindari setiap orang, demi sebuah penampilan awet muda. Berbagai cara ditempuh guna menghilangkan kulit-kulit yang mulai mengendur ini. Sebagian orang berusaha untuk tetap mengencangkan kulit dengan cara berolahrga, dan aneka produk perawatan kulit. Selain karena faktor penuaan ada penyebab lain yang menyebabkan keriput, antara lain asupan makanan. Tanpa disadari, mengonsumsi makanan tertentu secara teratur dapat menyebabkan keriput. Tak hanya masalah kulit, tapi juga peradangan dan kerusakan sel yang mengurangi kolagen dan elastin kulit. Simak alasan berikut mengapa Bujang Dare harus menghindari memakan makanan ini, seperti dilansir dari shiwus.com.

a. Makanan Manis
Orang yang secara teratur mengonsumi makanan dengan kadar gula tinggi, seperti kue, ice cream, permen, coklat, dan makanan jenis lainnya, dapat memicu penuaan dini atau keriput serta kulit kusam. Banyak gula yang Bujang Dare makan, akan lebih banyak pula molekul pembunuh kolagen dan elastin yang diproduksi oleh tubuh Bujang Dare. Setelah serat tersebut rusak, mereka akan menjadi kering dan rapuh, menyebabkan keriput dan kulit menjadi kendur. Tak hanya itu, konsumsi gula terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, terutama pada bagian kulit. Oleh karena itu cobalah untuk membatasi asupan makanan yang tinggi gula.

b. Makanan olahan
Kulit keriput juga disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan olahan. Makanan olahan dapat mengurangi produksi kolagen, melepaskan zat gizi seperti antioksidan, omega 3 dan nutrisi. Hal ini dapat memunculkan keriput lebih cepat. Padahal seperti diketahui, zat gizi seperti antioksidan dapat melindungi diri dari sel sel akibat radikal bebas. Oleh karena itu agar kulit Bujang Dare senantisa kencang, cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan akan antioksidan dalam teh hijau, omega 3 seperti kacang kenari, dan sumber biotin untuk mencegah kulit kering misalnya alpukat.
 
c. Alkohol
Inflamasi atau peradangan pada kulit dapat terjadi jika Bujang Dare mengkonsumsi alkohol dengan berlebihan dan rutin. Dalam alkohol terdapat bahan kimia beracun seperti aldehida dan keton yang dapat merangsang dan merusak sel-sel bawah kulit. Jika sel kulit terus meradang secara terus-menerus maka akan mempercepat penuaan atau keriput dan masalah kulit lainnya. Di samping itu, alkohol juga dapat menyebabkan tubuh terdehidrasi dan kebocoran kapiler yang dapat menyebabkan peradangan

Mencegah timbulnya kerutan dan kulit kusam karena penuaan tidak harus selalu dengan memakai krim atau lotion anti-aging yang harganya mahal. Atau melakukan chemical peeling dan botoks. Metode tersebut mungkin efektif membantu mempercantik tampilan kulit dan membuatnya tampak lebih muda. Tapi efeknya tidak bertahan lama. Ditambah lagi, produk kecantikan umumnya tidak bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak kulit.

Oleh karena itu, perawatan juga harus dilakukan dari dalam. Caranya adalah dengan diet yang tepat. Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kecantikan mahal, lebih baik investasikan kecantikan wajah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan dan anti peradangan yang terkandung dalam lima makanan ini, seperti yang dilansir Health Me Up

a. Sayuran Hijau
Selalu masukkan sayuran berdaun hijau dalam menu makanan harian Bujang Dare. Makanan seperti bayam dan kailan mengandung phytonutrients, yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh untuk membuat kulit terlihat bening dan bercahaya. Sejumlah pakar kulit dan kesehatan percaya bahwa sayuran hijau bisa membantu melancarkan peredaran haemoglobin di sel darah merah. Serta kandungan klorofilnya punya kemampuan melawan bakteri penyebab bau badan dan napas tak sedap.

b. Minyak Zaitun
Lemak dibutuhkan untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanans sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu lemak juga menjaga sel kulit tetap lentur, kenyal, bercahaya dan bebas kerutan. Tapi hanya konsumsi lemak yang sehat, seperti pada minyak zaitun yang mengandung oleic acid. Zat ini membantu tubuh lebih mudah menyerap omega-3, berbagai vitamin dan mineral.

c. Teh (Tanpa Gula)
Teh, khususnya teh hijau mengandung polyphenol, senyawa yang membantu menghilangkan peradangan dan kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Polyphenol juga bisa melindungi sel yang sehat dari ancaman kanker. Selain itu, mengonsumsi teh hijau secara rutin tiap hari bisa mencegah penyakit kulit psoriasis, mempercepat penyembuhan luka dan memerlambat tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.