3/3 : CEMILAN SEHAT


Saat lapar, rasanya mulut ingin segera mengunyah makanan agar laparnya tuntas. Namun tak semua makanan yang dikunyah dan masuk perut bisa segera meredakan lapar. Beberapa jenis makanan justru memicu perut semakin keroncongan! Seperti dipaparkan situs Care2, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat lapar. Selain tak mengenyangkan, beberapa jenis makanan juga minuman hanya akan menambah asupan kalori dan gula tinggi ke dalam tubuh. Ini dia alasannya!


a. Permen
Permen manis warna-warni seringkali dibuat dengan menggunakan sirup gula jagung. Konsumsi dalam jumlah berlebih bisa mengganggu metabolisme tubuh dan akhirnya memicu seseorang sulit berhenti mengunyah. Pasalnya, sirup jagung dengan fruktosa tinggi menghambat keluarnya leptin atau hormon tubuh yang mengirim sinyal akan rasa kenyang.

b. Pastry dan Roti
Makanan berbahan tepung seperti pastry dan juga aneka roti sering dikonsumsi untuk mengganjal perut yang lapar. Namun seperti diungkap situs Care2, makanan ini hanya mengenyangkan perut sebentar, dan memicu rasa lapar datang lagi dalam waktu singkat. Untuk mengakalinya, pilih roti dengan bahan whole grain dan mengandung sedikit gula.

c. Minuman soda
Penelitian justru menunjukkan jika soda justru memicu seseorang makin lapar. "Pemanis buatan memicu efek meningkatkan nafsu makan," kata Sharon Fowler, peneliti spesialis obesitas di UT Health Science Center, San Diego. Menurut Sharon, pemanis buatan ini menekan fungsi sel-sel otak dalam mengirim sinyal jika perut sudah kenyang.

Renyahnya si keripik kentang. Memang, tak bisa dipungkiri, mengemil sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Saat bekerja, menonton televisi, atau sekadar mengobrol, camilan selalu setia menemani. Namun, tak semua camilan tidak baik bagi tubuh. Ada pula camilan yang baik, bahkan dibutuhkan oleh tubuh. Seperti camilan berikut yang dikutip dari FitDay.com yang patut Bujang Dare coba sebagai camilan alternatif.

a. Buah-buahan.
Buah-buahan juga merupakan cemilan yang sangat sehat dibandingkan dengan keripik kentang, permen, atau gorengan. Buah segar memiliki rasa yang enak dan lebih cocok bagi tubuh lebih dari apa yang orang bayangkan. Salah satu buah yang tepat dimakan sebagai cemilan adalah pisang. Ini disebabkan pisang menghasilkan energi bagi tubuh secara perlahan-lahan sehingga kadar gula dalam darah tidak naik secara tiba-tiba.

b. Kentang.
Eits, kentang yang dimaksud di sini bukanlah keripik kentang, melainkan kentang rebus atau kentang panggang. Jangan tambahkan bumbu apapun sebab rasa alami kentang sudah terasa begitu manis.

c. Smoothie
Minuman yang menyegarkan ini memiliki rasa yang mengejutkan. Minuman ini terbuat dari jus buah. Buah yang digunakan dapat berupa buah segar atau buah yang sudah didinginkan. Campuran air, es batu, jus, dan susu berpadu menjadi minuman yang luar biasa. Ini juga merupakan cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh Bujang Dare akan buah. Lezat, segar dan sehat!

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.