3/3 : Makan Malam Bikin Gendut?

Makan berlebihan di malam hari dianggap bisa menaikkan berat badan. Apalagi jika ngemil di larut malam. Makanan berlemak merupakan pemicu kenaikan berat badan. Jika tak ingin gendut sebaiknya jangan sembarangan makan di malam hari. 

Kecuali makanan berlemak, makanan berkarbohidrat tinggi, makanan manis juga perlu dihindari di malam hari. Terutama di malam hari kegiatan umumnya hanya tidur. Inilah makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur.

a. Es Krim
Makan semangkuk es krim d imalam hari bisa membuat tidur terganggu. Kandungan lemak pada es krim tidak akan memberikan kesempatan tubuh untuk membakar lemak. Kandungan gulanya juga akan membentuk energi dan menyebabkan mimpi buruk. Gula akan menaikkan gula darah dan menambah energi (yang tidak dibutuhkan untuk tidur). Jika hasrat makan makanan manis datang di malam hari, carilah alternatif lain dengan mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pisang atau mangga.

b. Pasta
Kandungan indeks glikemik yang tinggi pada pasta dapat meningkatkan gula darah. Karena kegiatan? di malam hari lebih sedikit maka makanan ini perlu dibatasi.

c. Pizza 
Lapisan saus tomat memiliki kadar keasaman tinggi, selain itu umumnya topping yang berlemak dan berminyak, terutama daging dan keju tinggi lemak bisa membuat perut Bujang Dare panas. 

Siapa bilang saat tidur Bujang Dare tak bisa membakar lemak? Bila Bujang Dare mengonsumsi Makanan tertentu sebelum tidur, maka kandungan nutrisinya bisa membantu tubuh untuk membakar lemak saat tidur. Makanan apa saja?

Makanan yang bisa membantu membakar lemak saat tidur biasanya mengandung rendah kalori tapi sangat bergizi. Tak hanya dikonsumsi menjelang tidur, makanan-makanan pembakar lemak ini juga bisa dikonsumsi sepanjang hari untuk mendapatkan manfaat lebih.

a. Jeruk: 
Jeruk mengandung serat pembakar lemak dan vitamin C. Vitamin C dapat merangsang kemampuan tubuh untuk membakar lemak yang ditemukan dalam asam amino karnitin. Vitamin C juga memainkan peran dalam kemampuan memproses lemak tubuh, dengan mempercepat proses penipisan lemak dan kemudian membuangnya dari tubuh. Tak hanya buah jeruk, beberapa buah yang mengandung citrus juga bisa membantu membakar lemak saat tidur, contohnya jambu, lemon, jeruk keprok, pepaya dan tomat.

b. Produk susu
Minum produk susu sebelum tidur juga bisa membantu membakar lemak saat tidur. Susu dapat menurunkan berat badan dengan membantu dalam pemecahan sel lemak, karena mengandung banyak kalsium. Selain itu, susu juga merupakan sumber korbohidrat kompleks, yang membantu menjaga tingkat insulin tetap rendah. Tingkat insulin yang rendah akan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak.

c. Sayur-sayuran: 
Sayuran menyediakan protein nabati, yang akan lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak kalori. Makan semangkuk sup atau salad untuk makan malam dapat membantu membakar kalori selama jam tidur malam. Kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, buncis juga bisa membakar lebih banyak kalori.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.