3/3: Hidup Hemat Tanpa Melarat


Benarkah berhemat itu sedemikian sulit, Bujang Dare? Berhemat tidak selamanya sulit, kok. Dengan sedikit pendekatan sederhana, banyak cara yang bisa Bujang Dare coba untuk dapat hidup hemat tanpa melarat. Ini dia tiga tips yang dianjurkan untuk Bujang Dare coba di rumah :










  1. Membuat daftar belanjaan sebelum pergi berbelanja. Selalu rencanakan apa-apa saja yang akan Bujang Dare beli sebelum pergi berbelanja. Jadi Bujang Dare bisa membawa jumlah uang secukupnya sesuai dengan yang dibutuhkan saja.
  2. Setia” pada daftar belanjaan. Daftar belanjaan sudah dibuat, sekarang saatnya kesetiaan Bujang Dare sama “catatan kecil” itu diuji. Belilah barang hanya yang ada pada daftar belanja saja.
  3. Merencanakan anggaran dengan benar sejak jauh hari. Dalam membuat anggaran, Bujang Dare sebaiknya memasukkan "pengeluaran mendesak", seperti biaya berobat ke dokter atau perbaikan mobil, biaya tahunan seperti belanja buku/alat sekolah, baju seragam sekolah, serta anggaran untuk perayaan agama semisal Lebaran atau Natal. Anggaran seperti ini sebaiknya dibuat pada awal tahun.
Selain itu, agar pengeluaran dapat lebih bijaksana, Bujang Dare sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang sebaiknya dihindari, seperti :
  1. Jangan beli dalam jumlah banyak. Kecuali, Bujang Dare punya sebuah tempat "tersembunyi" untuk menyimpan barang-barang itu. Soalnya, membeli dalam jumlah banyak akan mengakibatkan anggota keluarga jadi boros menggunakannya.
  2. Kurangi menonton televisi / membaca katalog produk. Iklan di televisi selalu saja membuat Bujang Dare tergiur. Jadi, kurangi jam menonton televisi. Kurangi juga membeli barang melalui pelayanan telepon, online atau katalog karena setiap kali membeli hanya akan membuat Bujang Dare semakin ingin membeli.
  3. Hindari belanja dengan teman kaya. Sedapat mungkin hindari berbelanja bersama teman yang uangnya "tak berseri" dan teman yang gaya belanjanya seperti orang kaya. Mengapa tidak? Seharusnya kita dapat berusaha menghentikan kebiasaan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan dan sekadar ikut-ikutan teman. Bila mengajak anak berbelanja, tetaplah sesuai anggaran.
Hemat itu pangkal kaya! : ) 

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.